Minggu, 04 November 2012

Tanggapan sumpah pemuda dan pemuda masa kini


Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober ini harus menjadi cambuk bagi generasi muda masa kini. Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda,kita harus mengerti atau memahami arti penting Sumpah Pemuda.Kita tahu bahwa hari Sumpah Pemuda merupakan hari dimana peran seorang pelajar sangat menentukan dunia pendidikan maupun segala sesuatunya.

Sumpah Pemuda juga merupakan suatu awal dari cita-cita untuk menyatukan organisasi para pemuda dalam satu forum yg dapat diartikan pula bahwa organisasi para pemuda ini mencakup ruang lingkup yang luas yaitu seluruh Indonesia yang berkumpul membentuk suatu kelompok atau forum yang akan bersama-sama mewujudkan cita-cita khususnya untuk bangsa Indonesia.Dan gagasan terbentuknya sumpah pemuda itu juga merupakan hasil dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang telah bersama mengikuti beberapa kali rapat yang diselenggarakan ditempat yang berbeda,rapat pertama di gedung Katholieke Jongenlingen Bond (JKB),rapat kedua di gedung Oost-Java bioscoop dan rapat yang terakhir di gedung Indonesische Clubgebouw.

 Tapi pada jaman sekarang menurut saya nilai-nilai kejuangan dan kenegarawan kaum muda masa kini sudah mulai luntur dan jauh berbeda dengan para pemuda pendahulu. Para pemuda dan pemudi sudah pada terkontaminasi dengan bangsa lain yang kebarat-baratan yang tidak sesuai sekali sengan bangsa kita bangsa yang ketimur-timuran. Mereka sudah tidak terlalu mementingkan kebudayaan yang dahulu mati-matian di perjuangankan oleh pemuda pendahulu, sekarang banyak pemuda yang terkena pergaulan bebas apalagi yang hidup di daerah kota seperti Jakarta, Bandung, Jogja dan kota-kota besar lainnya, maraknya tindakan kriminal,asusila,prostitusi dan masih banyak sekali tindakan-tindakan yg berdampak negatif yang lainnya.

Peran dan tindakan yang di lakukan oleh pemuda dan pemudi masa kini sangat bertentangan sekali dengan isi Sumpah Pemuda, karena pemuda pemudi masa kini-kini benar-benar tidak menghiraukan dan tidak memperdulikan isi dari sumpah pemuda, apa lagi untuk menjalaninya? Nihil! 
Padahal Sumpah Pemuda pula yang mengingatkan bahwa kita dibangun atas pondasi perbedaan baik agama, suku, kebudayaan, kepulauan dan beragam latar belakang perbedaan, tetapi sekarang masih banyak generasi muda yang melakukan tawuran dengan sesama. Menurut saya Sumpah Pemuda adalah komitmen kebangsaan yang membuka cakrawala baru menuju pada kemerdekaan yang diperjuangkan oleh bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda sudah berpuluh-puluh tahun berlalu.Kini kita dihadapkan pada berbagai kemajuan dan persoalan. Semangat Sumpah Pemuda juga sering dinilai sudah memudar, tantangan pemuda dulu dan kini memang beda karena generasinya pun berbeda dan setiap generasi mempunyai semangat dan sejarahnya sendiri. Harusnya pemerintah harus lebih mendongkrak kaum muda masa kini agar pemuda-pemuda mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan dapat menjalankan serta menerapkan isi dari Sumpah Pemuda untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar