Rabu, 30 Oktober 2013

Organisasi yang pernah saya ikuti

Organisasi adalah suatu pengorganisasian yang harus dilaksanakan setiap orang maupun organisasi tertetu yang sudah saling terikat. Berbicara mengenai organisasi yang pernah saya ikuti, saya termasuk orang yang paling suka berkerja sama dalam organisas. Dikerenakan jika kita bekerja sama dalam organisasi tentu kita bisa lebih mudah dan terasa ringan. Kalau ditanya saya pernah mengikuti organisasi apa saja, inilah beberapa organisasi yang pernah saya ikuti:

1. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dariguru yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS. OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. OSIS juga merupakan salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping latihan kepemimpinan, ekstra kurikuler dan wawasan wiyata mandala .Tugas dari osis yaitu:
  • Menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan AD/ART OSIS serta GBPK yang disusun MPK;
  • Selalu menjunjung tinggi nama baik, kehormatan dan martabat sekolah;
  • Kepemimpinan pengurus OSIS bersifat kolektif;
  • Menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada pembina OSIS, MPK dan tembusannya kepada Perwakilan Kelas pada akhir masa jabatannya;
  • Selalu berkonsultasi dengan pembina.


2. Oganisasi Pecinta Alam

Organisasi Pecinta Alam adalah organisasi yang menghimpun pencinta alam sebagai anggotanya. Pencinta Alam adalah seseorang yang mencintai alam semesta beserta isinya. jadi Pencinta Alam artinya sangat luas sekali, mencintai hutan, gunung laut, bumi, bulan, matahari dan Sebagainya. Termasuk juga mencintai manusia, mencintai diri sendiri, bahkan mencintai Tuhan Yang Maha Esa. yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya. jadi pada hakekatnya Pencinta Alam itu sangat luas artinya. contoh saya mencintai seseorang itu sudah termasuk pencinta alam.
Dalam masalah Pencinta Alam yang kita bicarakan ini yaitu Pencinta Alam yang berkaitan dengan kegiatan alam bebas (outdoor). istilah alam bebas disini adalah kegiat-an yang di lakukan di alam terbuka, seperti di gunung, hutan dan sebagainya. Persaratan yang harus dipenuhi sebagai organisasi pencinta alam di Indonesia :

• Azas Pancasila.
• Menjadikan kode etik pencinta alam sebagai landasan hubungan.
• Tujuan tidak bertentangan dengan perundang-undangan yang ada.
• Ada alamat tetap dan bias dihubungi.
• Ada AD/ART dan anggota minimal 20 orang.
• Ada nama dan lambang organisasi yang jelas.
• Tidak merupakan anak atau bawahan dari salah satu organisasi politik praktis.
• Ada pengakuan dari pihak lain.

Dan yang terakhir dalam kehidupan pecinta alam antara sikap dan perilaku haruslah selaras, untuk menghindari semboyan Green Peace menjadi kenyataan.

Jika pohon terakhir telah ditebang, sungai terakhir telah tercemar, ikan terakhir telah ditangkap, Anda akan sadar manusia tidak dapat makan uang






0 komentar:

Posting Komentar