A. Komunikasi Jaringan
Komunikasi Jaringan atau Jaringan Teknologi Komunikasi
adalah serangkaian interkoneksi antar teknologi yang saling berhubungan
satu dan lainnya. Perkembangan teknologi kian pesat. Dalam setiap hal yang
dilakukan oleh tiap orang, akan sangat berhubungan dengan teknologi. Berikut
beberapa aplikasi yang menganut komunikasi jaringan:
1. Simsimi
SimSimi adalah aplikasi kecerdasan buatan yang mampu
menjawab percakapan kompleks dengan menggunakan bahasa yang cukup detail. Semua
percakapan Anda (yang bahkan Anda kira akan menjadi tidak logis) akan terdengar
cukup masuk akal.
Untuk memakai aplikasi ini. Anda hanya perlu menyentuh
karakter berwarna kuning, bulat, dan bersahabat - SimSimi - dan mulai
bercakap-cakap. Perhatikan bahwa apa yang disampaikan karakter kepada Anda itu
sangat logis, dan tidak keluar dari topik percakapan yang Anda inginkan.
Anda bisa menghibur diri dengan menuliskan hal-hal
menggelikan dan melihat bagaimana dia merespons, yang kadang responsnya cukup
memberi kejutan dan memancing tawa. Anda bisa mencoba bersahabat dengannya,
merayunya, mengancamnya, dan lain-lain. Tidak ada masalah, karena semuanya
adalah AI.
SimSimi ini adalah salah satu aplikasi lucu yang bisa Anda
unduh untuk mengisi waktu, karena ini memang aplikasi hiburan. Anda harus
terkoneksi dengan internet untuk memakainya.
2. Periscope
Apa itu Periscope? Anda mungkin mempunyai pertanyaan ini dan
menyimpan ketertarikan untuk mempelajari lebih jauh tentang aplikasi tersebut.
Periscope adalah sebuah aplikasi mobile Android dan iOS yang dipergunakan untuk
menyiarkan sebuah kejadian secara langsung (live streaming).
Bayangkan Anda seorang reporter yang tiba-tiba melihat
sebuah insiden heboh di jalan. Tanpa kamera atau alat pendukung mustahil bagi
Anda untuk menyiarkannya secara langsung. Tapi dengan Periscope hal itu sangat
mungkin dilakukan, bahkan sangat mudah karena Anda hanya perlu memasang
aplikasi Periscope ke ponsel Android atau iOS, selesai. Anda bisa jadi reporter
secara real-time, kapanpun dan di manapun.
Siaran tersebut dapat dibagikan ke akun Twitter untuk
disaksikan oleh follower Anda secara langsung atau diputar kembali melalui
fitur Replay.
Periscope sendiri dikembangkan oleh dua orang, yaitu Kayvon
Beykpour dan Joe Bernstein. Tapi belum sempat rilis, startup langsung dicaplok
oleh Twitter dengan mahar $100 juta di bulan Maret lalu. Di bawah bendera
Twitter, Periscope kemudian memulai debut di toko aplikasi App Store pada 26
Maret dan diteruskan ke Android sebulan kemudian.
Fitur-fitur Periscope
Tak butuh waktu lama bagi Twitter untuk membuat Periscope
digandrungi. Di platform Android saja kini Periscope sudah digunakan oleh 5
juta pengguna dan akan terus bertambah. Belum lagi dari platorm iOS.
Lalu apa sih yang membuat Periscope melejit dengan cepat?
Karena keunikannya kah atau karena fiturnya? Ia unik, faktor itu sudah pasti
memberi pengaruh. Tapi fitur juga punya peranan paling besar.
Info Menarik: Belum Dirilis, Aplikasi Live Video
“Periscope” Dikabarkan Sudah Dicaplok Twitter
- Integrasi ke Twitter
Ini mudah bagi Twitter karena Periscope memang milik mereka.
Integrasi ini membuat Periscope menjalani debut dengan mudah. Berkat dari efek
viral di jejaring sosial induk, Twitter yang mempunyai basis pengguna aktif
yang memang sangat besar. Selain itu, pengguna juga diintegrasikan ke Twitter
saat pertama kali mencoba Periscope, menyiarkan atau membagikan tautan video.
- Komentar
Follower Twitter yang menyaksiksan video dan memutuskan
untuk ikut menggunakan Periscope dapat meninggalkan komentar dan saling
membagikan video. Fitur ini dianggap penting, sebab menjadi satu-satunya media
bagi pemilik video dan penonton untuk saling berkomunikasi.
- Replay
Pemilik video dapat memutuskan untuk mengaktifkan fitur ini
jika dirasa perlu. Sehingga follower dapat menyaksikan kembali tayangan saat
diinginkan. Namun video yang menggunakan fitur replay hanya akan aktif selama
24 jam.
- Privasi
Yang tak kalah penting adalah fitur privasi, dimana pengguna
dapat mengatur bagaimana tayangannya akan diakses oleh follower. Ada opsi
Private yang dapat dipergunakan jika tayangan hanya dikhususkan untuk beberapa
pengguna.
- Notifikasi
Fitur notifikasi ini erat hubungannya dengan integrasi
Twitter. Pasalnya, Periscope akan memberikan saran pengguna untuk diikuti
berdasarkan jaringan di akun Twitter. Tetapi pengguna tetap memegang kendali
dalam memutuskan akan mengikuti siapa. Termasuk kendali soal notifikasi siaran
live terbaru dari mereka yang diikuti.
- Hearts
Jika Facebook menggunakan ikon jempol untuk menunjukkan rasa
suka pengguna terhadap sebuah postingan. Periscope memilih menggunakan Hearts
atau hati. Makin banyak hati yang didapat berarti makin banyak follower yang
suka dan makin besar kesempatan untuk masuk ke daftar “Most Loved”, sebuah
halaman khusus yang berisikan video-video favorit.
Bagaimana Cara Kerja Periscope?
Cara kerja Periscope sangat sederhana, tidak rumit. Ketika
aplikasi sudah terpasang di dalam perangkat. Pengguna sebaiknya menghubungkan
aplikasi dengan akun Twitter terlebih dahulu untuk mempermudah notifikasi saat
siaran dimulai. Ketika dijalankan, akan ada sebuah tombol di tengah-tengah
aplikasi. Saat ditekan, maka kamera akan langsung bekerja. Anda dapat berpindah
dari kamera belakang ke depan atau sebaliknya sambil memberikan deskripsi jika
perlu.
Sebelum streaming dimulai, tentukan dahulu siapa saja yang
dapat menyaksikan video tersebut. Nantinya pengguna yang dipilih baik private
ataupun publik akan memperoleh notifikasi bahwa siaran telah dimulai.
Info Menarik: Apa itu Snapchat dan Fitur-fitur
Andalannya?
Yang membuat Periscope berbeda, ketika pengguna selesai
menyiarkan video, mereka dapat membagikan tautan ke follower Twitter. Mereka
yang ketinggalan tetap dapat menyaksikan kembali melalui fitur Replay dengan
batas maksimum 24 jam.
Sebagai penutup, jika Anda tertarik untuk mencoba Periscope
silahkan unduh di tautan ini: Play Store atau App Store. Dan jangan lupa, TRL
juga akan mengangkat beberapa tutorial dan tips-tips seputar aplikasi ini dalam
beberapa minggu ke depan.
B. E-Commerce
E-Commerce atau Perdagangan Elektronik adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Berikut
contoh E-Commerce :
1. Bloopendorse.com
2. Klik Pada Gambar produk yang kamu akan pilih
3. Pilih ukuran, warna yang kamu inginkan .. kemudian klik " add to cart "
4. Kamu bisa ganti qty yang kamu inginkan .. jika sudah selesai klik "Checkout "
5. Isi data yang lengkap ya = ) .. nama , email, alamat dan no telpon kode pos .. selengkap lengkapnya = )
kemudian klik " continue to next step "
6. Lakukan Pembayaran Ke rekening BCA yang tertera dibawah ini ..
Setelah melakukan pembayaran mohon konfirmasi ke : 0813-17600-515
dengan format sms : " Telah Transfer + Nama + Your ORDER ID ... ( contoh ID#1051 ) + BCA/BRI + Tanggal + Rp "
Setelah melakukan transfer kamu akan di konfirmasi oleh Bloop jika barang telah di shipping beserta NO Resi pengiriman melalui email kamu ..
Jika ada pertanyaan, atau barang belum sampai .. kamu bisa contact ke admin kami no telpon ada di bawah ini = )
C. Global Positioning System (GPS)
Global Positioning System adalah sistem untuk menentukan
letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal
satelit. Contoh aplikasi yang menggunakan GPS :
1. Path
Path adalah
sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan
penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path
ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan
keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan
CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah
untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan
pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”
Perusahaan ini
berawal dengan aplikasi pada iPhone dan juga website lalu merilis versi Android
kemudian. Perusahaan ini berkompetisi dengan jejaring sosial lainnya seperti
Instagram.
Berpusat di
San Fransisco, California, perusahaan ini didirikan oleh Shawn Fanning dan
mantan Eksekutif dari Facebook, Dave Morrin. Path didirikan dengan tujuan
membuat sebuah jurnal yang interaktif bagi penggunanya.
Penggunaan
Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana hanya pengguna yang telah
disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang. Status privasi dari
aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif dari berbagai jejaring sosial yang
ada. Path dapat digunakan di iPhone, iPad, iPod Touch, dan Android versi
apapun. Aplikasi ini tersebar melalui Apple Application Store dan berbagai
situs aplikasi lainnya.
Mengunggah
Lokasi
Path
memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan pengguna lain.
Fitur ini dapat tersambung dengan jejaring sosial Foursquare apabila pengguna
memiliki akun di jejaring sosial tersebut. Penandaan lokasi dilakukan dengan
GPS yang terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari
lokasi yang tersedia melalui Foursquare.
Sumber Materi :
Wikipedia
KomunikasiJaringan
Wikipedia
E-Commerce
Wikipedia GPS
http://simsimi.id.uptodown.com/android
http://www.trenologi.com/2015071472592/apa-itu-periscope/
http://www.bloopendorse.co/pages/cara-belanja
http://twin-collections.blogspot.co.id/2012/12/welcome.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Path_%28jejaring_sosial%29
0 komentar:
Posting Komentar